Form WhatsApp

KAIN BALOTELLY : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

shape image

KAIN BALOTELLY : Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis

Kain Balotelly – Di kalangan masyarakat banyak beredar produk yang terbuat dari beragam jenis kain. Salah satu jenis kain yang cukup populer dan banyak didengar adalah kain Balotelly. Sekalipun sudah banyak didengar, namun sesungguhnya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang jenis kain ini.

Kain Balotelly memiliki pengertian, ciri dan juga karakteristik tersendiri yang penting untuk diketahui. Selain itu, jenis bahan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan untuk dijadikan beragam produk. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kain Balotelly itu sendiri.

Pengertian Kain Balotelly
kain Balotelly adalah sejenis kain yang bahannya cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas. Motif atau jenis kainnya membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris. Adapun ciri khas yang dimiliki oleh jenis kain ini menjadikannya amat mudah dikenal dan dibedakan dengan jenis kain lainnya.

Sebenarnya, bahan untuk membuat kain Balotelly ini masih diragukan, apakah masuk ke dalam jenis katun atau tidak. Namun, karena memiliki perbedaan yang cukup terlihat dari jenis katun, maka ia tidak digolongkan jenis katun.

Bahan yang dipakai untuk membuat kain Balotelly sendiri tidaklah 100% dari serat katun alami. Berdasarkan fakta di lapangan, kain katun akan memiliki sensasi yang khas jika diraba. Sehingga, Balotelly dinyatakan berbeda dari jenis katun itu sendiri.

Bahkan, jika dilihat dengan kasat mata, jenis kain Balotelly memberikan sedikit efek kilau yang tidak ditemukan pada jenis katun. Contohnya saja jenis katun Toyobo Original. Akan tetapi, ada juga yang menyebut bahwa kain Balotelly termasuk jenis kain katun. Sekalipun bukan asli 100% katun melainkan berupa serat campuran.

Karakteristik Kain Balotelly
Kain jenis Balotelly memiliki berbagai ciri dan karakteristik yang sangat istimewa. Karakteristik yang dimaksud tentu saja tidak diperoleh dari bahan kain jenis lainnya. Banyak yang menyukai jenis kain ini lantaran berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki untuk membuat pakaian.

1. Teksturnya Berserat
Karakteristik kain Kain jenis Balotelly yang pertama adalah ia memiliki bahan kain yang cenderung tidak terawang. Hal itu disebabkan karena ia memiliki tekstur yang berserat. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan bahwa kain yang bersangkutan adalah jenis Kain jenis Balotelly adalah dengan merasakan teksturnya. Ciri khusus dari kain ini adalah bergaris dengan tekstur yang sedikit kasar.

2. Tidak Melekat Ke Tubuh dan Tidak Terawang
Karakteristik jenis kain Balotelly yang selanjutnya adalah ia tidak melekat ke dalam tubuh saat digunakan. Sehingga, jenis kain ini tidak menampakkan lekuk tubuh jika dipakai. Selain itu, karakteristik lainnya adalah tidak terawang saat dipakai. Bahan ini memang terkesan memenuhi syarat pakaian ala Muslimah kekinian sehingga banyak dipakai untuk membuat gamis.

3. Tersedia Dalam Berbagai Warna dan Motif
Selain beberapa karakteristik di atas, kain Balotelly juga memiliki karakteristik atau ciri lainnya, yaitu hadir dengan berbagai warna. Adapun warna yang ditawarkan oleh jenis kain ini sangat beragam. Mulai dari warna yang polos, cerah hingga jenis kain yang bermotif. Karena berbagai jenis inilah para designer percaya bahwa ini adalah bahan pakaian paling baik.

4. Bahan Kain Agak Tebal dan Halus
Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh kain Balotelly adalah ia memiliki bahan yang halus dan sedikit tebal. Inilah yang menjadikan kain Balotelly banyak digunakan untuk rok, gamis dan juga hijab. Bahan yang tebal akan menghindarkan penggunanya dari terawang. Ini juga menjadi bahan yang dicari para Muslimah agar mereka bisa menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat.

5. Memiliki Motif Kotak-Kotak dan Bergaris
Motif yang dimiliki oleh jenis kain Balotelly lebih kepada kotak-kotak dan bergaris. Untuk membuktikan jenis kain ini, caranya adalah dengan diraban teksturnya. Karena ini merupakan ciri khas yang ada pada jenis kain satu ini.

6. Tergolong Jenis Kain yang Ringan
Kain Balotelly adalah jenis kain yang ringan. Sekalipun dikatakan cukup tebal, namun jenis kain ini tetap ringan saat digunakan. Inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik menggunakan produk kain satu ini.

Keunggulan Kain Balotelly
Jenis kain Balotelly ini menawarkan beberapa keunggulan di dalamnya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan diperoleh jika menggunakan kain jenis ini.

1. Kain Balotelly Mempunyai Serat Kain yang Lebih Rapat
Serat kain yang terdapat pada kain ini lebih rapat dan padat. Dengan demikian, saat dipakai tidak akan terawang. Meski demikian, kainnya akan tetap jatuh ke bawah dan memberikan nuansa anggun tersendiri.

2. Kain Balotelly Cenderung Tidak Menerawang
Keunggulan selanjutnya pada jenis kain ini adalah ia cenderung tidak menerawang saat digunakan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, hal ini lantaran jenis serat kainnya lebih rapat dibandingkan dengan jenis kain yang lain.

3. Memiliki Bahan yang Tebal akan Tetapi Ringan Saat Dibawa
Tidak hanya itu, kain Balotelly juga memiliki bahan yang sangat tebal namun tetap ringan saat dibawa. Terkadang ada jenis kain tebal namun sangat berat untuk dijalankan. Berbeda dengan jenis satu ini yang sangat ringan. Baik itu digunakan untuk jilbab, rok, gamis dan berbagai jenis yang lain.

4. Adem Saat Digunakan
Kain Balotelly memiliki kesan yang adem dan nyaman saat dipakai. Terlebih untuk jenis kain yang gradenya yang paling tinggi. Dijamin akan betah karena menawarkan sensasi yang sangat adem.

5. Harganya Sedikit Murah
Harga yang ditawarkan untuk jenis kain ini tidak terlalu mahal. Tentu saja hal ini menjadi keunggulan tersendiri. Dengan harga yang murah, banyak kalangan yang berminat untuk membeli jenis kain ini.

6. Bahannya Tidak Mudah Kusut
Bahan yang dimiliki juga tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai kegiatan, akan tetap rapi dan tertata.

7. Mudah Diatur
Kelehihan selanjutnya dari kain Balotelly adalah ia sangat mudah diatur dan ditata. Termasuk ketika digunakan untuk membuat hijab.

8. Mudah Ditemukan
Di pasaran, jenis kain satu ini sangat populer dan mudah ditemukan. Tidak jarang konveksi yang menggunakan bahan ini karena saking mudahnya dicari di toko kain dan sebagainya.

9. Tersedia dalam Berbagai Pilihan Warna
Kain Balotelly tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Mulai dari warna yang polos hingga yang bermotif.

Berbagai kelebihan dan sifat yang dimiliki oleh jenis kain Balotelly ini membuatnya disukai oleh banyak orang. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis kain ini sangat cocok untuk dijadikan berbagai macam pakaian. Misalnya saja jenis gamis, hijab, jubah, celana, rok dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan Kain Balotelly
Sekalipun menawarkan banyak kelebihan, jenis kain Balotelly ini juga memiliki banyak kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bahan Balotelly secara umum.

1. Teksturnya Sedikit Kasar Saat Diraba dan Agak Bergaris
Kain Balotelly mempunyai struktur yang sedikit kasar. Hal ini ditandai dengan motifnya yang bergaris dan kotak-kotak. Jenis kain yang memiliki tekstur agak kasar tentu saja akan kurang nyaman saat dikenakan. Sekalipun demikian, kekurangan ini tidak begitu berpengaruh karena tetap banyak yang menjadikan kain jenis ini untuk pakaian dan sebagainya.

2. Beberapa dari Jenisnya Terasa Panas saat Digunakan
Sebagaimana diketui bersama bahwa jenis kain Balotelly memiliki beberapa varian grade. Sehingga, antara satu grade dengan yang lain memiliki kualitas berbeda. Kain Balotelly dengan grade yang paling bawah terkadang terasa panas saat digunakan. Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri.

3. Jatuh Kainnya tidak Sebaik Wolfis
Kain yang jatuh adalah jenis kain yang banyak diminati. Dan kain Balotelly termasuk ke dalam jenis kain yang jatuh tersebut. Sayangnya, jatuhnya kain jenis ini tidak sebaik yang ada pada kain wolfis. Dengan demikian, tingkat kepuasaan penggunaan kain ini akan berkurang karena jatuhnya yang kurang maksimal.

4. Saat Digunakan Terasa Kaku
Selain beberapa kekurangan yang telah disebutkan di atas, kain jenis Balotelly terkadang terasa kaku saat digunakan. Meski demikian, kekurangan ini adalah wajar dan bukan berarti jenis kain tersebut tidak memiliki kelebihan di dalamnya.

Jenis Kain Balotelly
Seperti halnya berbagai jenis kain atau bahan lain, kain Balotelly juga terdiri dari beberapa macam jenis. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan pada kualitasnya. Dan ternyata, mulai dari jenis kain yang terbaik hingga yang paling kasar masuk ke dalam varian kain Balotelly ini.

Secara umum, ada tiga jenis grade mutu yang dimiliki oleh kain Balotelly. Pertama adalah Balotelly original, kedua adalah Balotelly grade A dan ketika adalah Balotelly grade A+ atau yang bisa dikenal dengan Balotelly Ar-Raihan. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing gradenya.

1. Balotelly Biasa atau Original
Grade kain Balotelly pertama adalah jenis Balotelly biasa atau original. Jenis bahan ini mempunyai karakteristik yang cenderung sedikit kaku. Sehingga karena kaku tersebut, maka model kainnya kurang bisa jatuh. Apabila dibandingkan dengan jenis Toyobo, kain Balotelly grade ini terkenal sedikit lebih kaku atau tidak mudah digerakkan.

Balotelly jenis ini lebih cocok digunakan untuk membuat gamis kombinasi atau baju koko pria. Selain jenis Balotelly original ini, ternyata ada juga Balotelly ekonomis yang memiliki kualitas di bawahnya lagi. Balotelly dengan versi ekonomis cenderung terasa panas apabila digunakan.

2. Balotelly Grade A
Bahan balotelly grade A ini memiliki karakteristik sedang, artinya ia tidak terlalu unggul ataupun terlalu di bawah secara kualitas. Kain jenis ini digadang-gadang memiliki tipe di antara kain Balotelly grade biasa dan kain Balotelly grade A+. Secara kualitas tentu saja masih di bawah dibandingkan yang tergolong grade A.

3. Balotelly Grade A+
Ini merupakan varian dari kain Balotelly yang mempunyai grade terbaik dan unggul. Ia juga kerap dikenal dengan nama Ar-Raihan. Untuk karakteristik dari kain ini memang halus, adem, jatuh dan juga lembut. Jika memegang jenis bahan ini, kesannya akan seperti bahan katun Toyobo. Akan tetapi, ia lebih jatuh layaknya bahan Megumi Ladies.

Dari berbagai informasi yang diperoleh, jenis kain Balotelly yang terbaik umumnya dikenal dengan kain Zegna Italiano. Bahan ini memiliki jenis tekstur kain yang terkesan jatuh. Bahan satu ini memang memberikan kenyamanan yang lebih apabila dibandingkan dengan jenis Balotelly yang biasa.

Jika diamati, jenis kain Zegna Italiano mempunyai keunggulan yang benar-benar terasa jika dibandingkan dengan yang model biasanya. Jenis Balotelly biasanya terkadang memberikan kesan yang kaku dan cepat kusut. Dengan memilih jenis Zegna Italiano, maka pengguna akan merasakan sensasi kain yang lebih lemas, tidak mudah kusut, jatuh dan lembut ketika dikenakan.

Maka dari itu, kain jenis Zegna tersebut digadang-gadang sebagai kain Balotelly dengan tipe A+. Akan tetapi, tentu saja kualitas bahan yang diperoleh tersebut sebanding dengan harga yang ditawarkan. Bahan dengan jenis ini terkenal lebih mahal jika dibandingkan dengan yang kualitasnya di bawah. Bahkan, dibandingkan dengan bahan Wolfis harganya masih lebih mahal.

Penggunaan Kain Balotelly
Ada berbagai macam kegunaan dari kain jenis ini. Umumnya, kain Balotelly digunakan untuk pakaian, bukan produk yang lain. Berikut ini adalah beberapa penggunaan kain Balotelly tersebut.

1. Gamis Syar’i
Kain Balotelly sangat cocok untuk digunakan sebagai gamis syar’i. Hal ini disebabkan karena bahan kain yang tertutup dan tidak terawang. Selain itu, jenis kain ini sangat mudah untuk diatur dan dibentuk sehingga menghasilkan gamis yang indah dan menawan. Meskipun ada beberapa jenis kain balotelly yang sedikit kaku, namun apabila dijadikan gamis, masih tetap menarik dan enak digunakan.

2. Blouse
Kegunaan dari kain Balotelly selanjutnya adalah untuk membuat blouse. Saat ini, blouse sangat banyak digemari dan diminati. Kain ini sangat pas dengan tekstur dan juga motifnya yang demikian untuk membuat blouse.

3. Hijab
Kain Balotelly juga sangat cocok untuk dijadikan hijab. Tentunya hijab engan berbagai model dan jenis. Hal itu disebabkan karena jenis kain ini tergolong jatuh dan tidak mudah kusut. Dan mayoritas produsen hijab akan menggunakan jenis kain ini untuk beragam model hijab.

4. Rok
Selain bisa digunakan untuk hijab, kain Balotelly juga bisa digunakan untuk membuat rok. Ada berbagai model rok yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan Balotelly ini. Mulai dari jenis rok yang simple hingga yang paling mewah. Namun, terkadang kain yang digunakan untuk rok cenderung agak panas.

5. Baju Koko
Membuat baju koko untuk para lelaki ternyata juga bisa menggunakan kain Balotelly. Justru baju koko dengan kain ini banyak diminati karena kualitas bahannya. Mulai dari jenis baju koko untuk dewasa, remaja bahkan anak-anak.

6. Bawahan
Tebal lembut dan tidak transparan.


Perbandingan Kain Balotelly dan Wolfis
Banyak kalangan, khususnya pihak konveksi yang kebingungan apakah akan menggunakan jenis kain Balotelly atau Wolfis. Berikut ini adalah beberapa perbandingan dari kedua jenis kain tersebut.

Kain Balotelly memiliki tekstur yang bergaris. Dan saat dikenakan, jenis bahan ini relatif ringan, tidak transpran dan juga nyaman. Selain itu, juga tidak menampakkan lekukan pada tubuh. kain ini memang memiliki sifat yang lemas dan banyak menawarkan pilihan warna.

Sedangkan kain Wolfis ciri khasnya adalah memiliki permukaan yang agak halus dan tidak mudah kusut. Ia juga sangat ringan ketika dipakai serta tidak transparan. Wolfis juga menawarkan beragam varian warna seperti kain Balotelly.

Untuk harga kain Balotelly sendiri cenderung lebih mahal apabila dibandingkan dengan kain Wolfis. Akan tetapi, selisih harga yang ditawarkan juga tidak terlampau jauh. Sementara untuk kain Wolfis memiliki tipe, warna dan ketebalan yang terlalu banyak. Dengan demikian, pelanggan akan cenderung kesulitan dalam menemukan tekstur kain yang diinginkan.

Kain Balotelly menjadi salah satu jenis kain yang cukup diminati oleh banyak kalangan. Terlebih untuk perusahaan yang memproduksi pakaian seperti baju koko, gamis, jilbab dan sebaganya. Jenis kain ini menawarkan berbagai kelebihan di dalamnya yang memberikan kenyamanan tersendiri untuk semua kalangan.

sumber: https://olympics30.com/kain-balotelli/

Posting Komentar

© Copyright 2024 Dintex | Created By Jasa Sosial Media

Klik Disini